Bagi Yang Mau Mendapatkan 900 Video Tutorial Digital Marketing Bisa Klik Disini

Google Resmi Akuisisi HTC Sebesar 1.1 Miliar Dollar Amerika

Google Resmi Akuisisi HTC Sebesar 1.1 Miliar Dollar Amerika

Google Resmi Akuisisi HTC Sebesar 1.1 Miliar Dollar Amerika.

Google Resmi Akuisisi HTC Sebesar 1.1 Miliar Dollar Amerika. Siapa yang tidak tahu dengan Google..? Perusahaan Amerika yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Mountaun View, Amerika Serikat.

Google Resmi Akuisisi HTC Sebesar 1.1 Miliar Dollar Amerika
Larry Page dan Sergey Brin

Pada awal tahun 2018, Google resmi mengakuisisi HTC. Siapa HTC itu..? HTC adalah pabrikan smartphone asal Taiwan yang dikenal jago menciptakan perangkat dengan desain yang enak dipandang mata. Namun tidak tahu mengapa, beberapa tahun belakangan ini HTC sedikit meredup di industri smartphone global.

Dan muncul sebuah kabar yang cukup mengejutkan yang datang dari Rick Osterloh selaku Senior Vice President of Hardware di Google lewat blog miliknya. Osterloh menyebutkan bahwa Google siap menyambut kedatangan tim HTC yang sangat berbakat untuk mengerjakan produk yang lebih baik.

Dengan pernyataan tersebut, resmi perusahaan raksasa Google mengakuisisi divisi desain smartphone HTC yang telah mencapai kesepakatan Google akan menggelontorkan uang senilai US$ 1.1 Milyar.

Lebih jauh, Osterloh juga mengatakan, tim yang nantinya datang tidak hanya berbakat menciptakan produk yang lebih baik. Selain itu, tim divisi desain smartphone yang terbilang inovatif dapat juga menciptakan lebih banyak produk di tahun-tahun mendatang bersama Google.

Setelah resmi kesepakatan tersebut, berapa orang yang nantinya akan bergabung ke Google terkait akuisisi? Google dan HTC tidak main-main, kesepakatan ini melibatkan lebih dari 2.000 engineer HTC yang nantinya akan beralih ke Google. Namun, mereka tetap bekerja di Taiwan.

Google Resmi Akuisisi HTC Sebesar 1.1 Miliar Dollar Amerika

Google Resmi Akuisisi HTC Sebesar 1.1 Miliar Dollar Amerika.

Rick Osterloh juga mencatat, ke depan Taiwan akan menjadi pusat rekayasa terbesar yang dimiliki Google di kawasan Asia Pasifik. Informasi dari sumber yang mengetahui proses akuisisi ini, hanya divisi desain yang masuk dalam kesepakatan tersebut, sedangkan manufaktur dan divisi virtual reality milik HTC tidak masuk dalam kesepakatan.

Berdasarkan kesepakatan akuisisi ini sangat jelas merupakan langkah serius dari Google untuk fokus pada pengembangan perangkat keras, khususnya pengembangan smartphone pixel kedepannya. Akuisisi ini juga menjadikan Google memiliki tim R&D yang lebih besar.

Jika berbicara industri smartphone, kita tahu ada nama besar seperti Samsung dan Apple, Google merupakan “pemain kecil”. Namun, usaha Google merilis Pixel yang langsung ditujukan untuk konsumen kelas menengah ke atas, patut diantisipasi oleh Samsung dan Apple.

Bahkan, Osterloh pernah berseloroh saat diwawancarai oleh Bloomberg, produsen smartphone Android sudah mengerti mengapa Google melakukan ini dan tujuannya seperti apa. Salah satunya adalah untuk melawan dominasi Apple yang sukses di beberapa negara maju.

Sebelum Google mengakuisisi HTC, Google telah akuisisi beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, seperti; Youtube yang di akuisisi oleh Google pada tahun 2006 dengan nilai 1.6 miliar dollar AS dan resmi menjadi salah satu anak perusahaan Google, Motorola Mobility yang diakuisisi oleh Google pada tahun 2011 dengan nilai 12.5 miliar dollar AS dan kini telah menjadi perusahaan ponsul yang memakai sistem Android, dan masih banyak lagi perusahaan lain yang resmi di akuisisi oleh Google.

Baca juga: Apple buka toko baru.

Leave a Reply

error: Content is protected !!